Kamis, 24 Desember 2015

On 11.08 by Unknown in    No comments


Dunia Bebas - Setelah sempat heboh diberitakan oleh media Malaysia mengenai pekerja di Kebun Binatang Surabaya yang memperkosa seekor orang utan betina hingga hamil, kini akhirnya media Malaysia meralat beritanya dan menyatakan itu berita palsu.

Dua media online terkenal Malaysia, yakni Sinar Harian dan MStar, mengklarifikasi berita--yang sebelumnya sempat menjadi terpopuler di laman berita masing-masing pada 19 Agustus--mengatakan bahwa berita yang mereka terbitkan itu adalah palsu.

Klarifikasi tersebut hadir setelah pihak Kebun Binatang Surabaya membantah keabsahan artikel yang dimuat oleh sebuah portal berita online asal Israel, worldnewsdailyreport.com.

Koran Zionis Yahudi Amerika yang berbasis di Tel Aviv tersebut memuat artikel seorang pekerja Kebun Binatang Surabaya bernama Abdoel Hakim menghamili seekor orang utan bernama Marilyn. Lantas berbagai media luar dengan cepat mengutipnya tidak terkecuali media Indonesia dan Malaysia.

“Artikel itu tidak benar, itu berita hoax. Ini tuduhan berat dan menyangkut moral,” kata Pejabat Sementara (Pjs) Direktur Utama KBS Aschta Boestani Tajuddin kepada Tempo, Sabtu, 19 Desember 2015. Ia menyayangkan media massa lokal ikut memuat informasi itu tanpa konfirmasi terlebih dahulu.


Aschta yang sebelumnya aktif di The Borneo Orangutan Survival Foundation itu tak tahu pasti apa motif di balik artikel di situs worldnewsdailyreport.com itu. Terlebih situs itu tidak meminta klarifikasi terlebih dahulu kepada pihak KBS.

"Berita tentang KBS di luar Indonesia itu masih buruk. Foto-foto satwa yang menyedihkan pada 2010 masih beredar dan orang-orang meyakini itu adalah keadaan terkini,” kata Aschta menuturkan dengan nada geram.

Laporan itu juga menuduh perbuatan berkenaan telah direkam CCTV. Worldnewsdailyreport.com mengutip kesaksian karyawan bernama Akhiroel Yahya, yang mengungkap beberapa hewan tampak menjadi terangsang saat pemberian makan.


0 komentar:

Pokerwalet

SamsungBola